Jumat, 31 Oktober 2014

ANALISIS PERFORMA JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN WIRELESS LOCAL AREA NETWORK (WLAN)

BAB I
PENDAHULUAN


1.1       Latar Belakang Masalah

                  Jaringan dan penggunaan komputer setiap tahun semakin bertambah, hingga menyebabkan makin bertambahnya kebutuhan akan pemindahan data dari satu terminal ke terminal lain yang dipisahkan oleh jarak. Jaringan tersebut dikenal dengan Local Area Network (LAN) yang dapat berbentuk wireless ataupun jaringan yang menggunakan kabel sebagai media transmisinya.
Sesuai dengan namanya wireless yang artinya nirkabel, WLAN (Wireless Local Area Network) adalah jaringan lokal (dalam satu gedung, ruang, antar gedung, dan sebagainya) yang tidak menggunakan kabel. Banyak dari setiap institusi yang telah memiliki suatu jaringan berbentuk WLAN yang dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan data, juga memberikan kemudahan bagi seseorang dalam beraktivitas.
Maka kinerja jaringan harus berada pada kondisi yang baik. Kondisi dan unjuk kerja yang baik harus dipertahankan dan bila mungkin ditingkatkan, sementara kondisi dan kinerja yang kurang baik harus dianalisis dan dievaluasi untuk menemukan kendala atau hambatan yang mempengaruhinya. Dalam penulisan ilmiah ini, masalah yang ditinjau adalah “menganalisa performa pada jaringan WLAN berdasarkan kecepatannya”.

1.2       Pembatasan Masalah
            Berdasarkan latar belakang di atas, perumusan masalah dalam Laporan Penulisan ilmiah ini adalah “bagaimana menganalisa performa pada jaringan komputer menggunakan Wireless Local Area Network (WLAN)”.

1.3       Tujuan Penulisan

            Tujuan penulisan penulisan ilmiah ini adalah menjelaskan tentang performa kecepatan pada jaringan WLAN ( wireless Local Area Network ) dan sistem keamanan pada jaringan WLAN.

1.4       Metode Penulisan

            Metode yang dipakai penulis dalam mengerjakan penulisan ilmiah ini adalah menggunakan metode Studi Pustaka yang dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku dan media lainnya yang dapat membantu dalam melakukan pengerjaan jaringan komputer menggunakan WLAN.

1.5       Sistematika Penulisan

            Penulisan ilmiah ini dibagi dalam 4 BAB dengan masing – masing BAB terdiri atas beberapa SUB BAB dengan menggunakan sistematika sebagai berikut:

BAB I : PENDAHULAN

Bab ini menguraikan segala sesuatu yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini, atau meupakan gambaran umum tentang permasalahan yang akan dibahas, seperti : latar belakang masalah , dan pembatasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI

Bab ini menjelaskan teori – teori yang mendukung atau berhubungan dengan penulisan ilmiah ini. Seperti pengertian jaringan WLAN, karakteristik WLAN, dan kelebihan dan kekurangan jaringan WLAN.

BAB III : PEMBAHASAN

Bab ini menjelaskan Analisa dan hasil dari simulasi jaringan WLAN menggunakan perangkat lunak (software).

BAB IV : PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil analisa jaringan WLAN disertai saran – saran dari penulis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar