Automotive
Multimedia Interface Colaboration (AMI-C)
·
Pendahuluan
Sebelum masuk ke
pembahasan, saya akan mencoba untuk menjelaskan pengertian dari antar muka itu
sendiri. Dan dari sumber yang saya dapat antar muka (interface) adalah salah
satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara
pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang
bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu
Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
Lalu
Apakah Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia itu?
Kolaborasi antar muka
ototmotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau
computer dan radio dalam mobil.
Setiap perangkat
elektronik yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat
elektronik atau multimedia bisa saja mengganggu sistem keselamatan dan
system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi
kolaborasi antarmuka multimedia.
·
Latar
Belakang
Sejarah AMIC
The Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan
tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan,
kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile
ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan,
biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda
penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka
multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C)
memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya
standardisasi.
Depan yang berbeda, The
Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia
cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394
AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
•AMI-C 3023 Power
Management Specification
•AMI-C 3013 Power
Management Architecture
•AMI-C 2002 1.0.2
Common Message Set Power Management
•AMI-C 3034 Power
Management Test Documents
•AMI-C 4001 Revision
Physical Speci .cation.
·
Tujuan
Menyediakan interface
standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media,
komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon
selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara
dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
· Meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
· Memotong biaya keseluruhan informasi
kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif
dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari
banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung
berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar
50.000 unit.
· Menawarkan standar terbuka dan
spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan
dunia luar
Arsitektur
AMI-C
Komponen Arsitektur
AMIC memiliki empat komponen :
-
In-Vehicle Jaringan - Jaringan
perangkat
-
Kendaraan
Antarmuka - Host (platform
komputasi)
·
Konsep
MMI terdiri dari satu
perangkat hiburan yang dapat mengontrol semua fungsi hiburan di dalam mobil,
hal ini dapat mengurangi banyaknya tombol-tombol di dashboard. Sistem ini
terdiri dari terminal MMI dan layarnya.
Perangkat utama dari
MMI adalah unit kontrol yang ada di tengah. Kontrol ini dapat berputar untuk
menunjukkan menu atas dan bawah, dan ditekan untuk mengaktifkan tombolnya.
Selain itu, ada 4 atau 8 tombol (tergantung tipe apa yang dipasang di mobil
itu) di sekelilingnya yang juga dapat digunakan untuk memanggil menu. Layar MMI
dapat berupa layar 5 inci monokrom hitam dan merah atau 7 inci 16:9 full
colour. MMI menggunakan teknologi Media Oriented Systems Transport (MOST) untuk
menghubungkan semua sistem-sistem ini. Harman Becker memproduksi sistem ini,
menggunakan software QNX Neutrino, Real Time Operating System (RTOS).
Kontrol MMI pada mobil Audi Q7
·
Fungsi
MMI mengoperasikan sejumlah besar dalam komponen
hiburan mobil, elektronik mobil, dan fungsi lainnya. Daftar di bawah ini
menunjukkan ruang lingkup dari sistem dikendalikan oleh MMI. Namun, tergantung
pada model mobil yang sebenarnya, bersama dengan versi yang telah ditentukan
(MMI dasar, MMI Tinggi, dll), hanya beberapa, dan tidak semua fungsi akan
diterapkan atau tersedia.
Fungsi tombol-tombol MMI :
-
Navigasi satelit, termasuk manajemen
lalu lintas (TMC)
-
Radio tuner
-
CD Changer
-
TV Tuner
-
Telepon & Direktori
-
pemanas, ventilasi, AC / Kontrol Iklim,
dan kursi pemanas
-
Mobil Setup (misalnya kunci sentral dan
fungsi kenyamanan (pulang / meninggalkan rumah, listrik sunroof dan jendela)
pilihan, pengaturan audio global, pengaturan suspensi dll)
-
Informasi pengemudi (statistik ekonomi
misalnya bahan bakar (sering diliputi oleh "komputer perjalanan"
fungsi), tingkat baterai, ban-tekanan pemantauan, dll)
-
User Manual (full on-board mobil
petunjuk pengguna, ditampilkan pada layar)
·
Kesimpulan
Dalam makalah ini saya
dapat menyimpulkan bahwa Automotive Multimedia Interface Colaboration (AMI-C)
dapat membuat setiap pengemudi merasa nyaman dalam berkendara pada situasi
bagaimana pun . adapun yang harus diperhatikan yaitu, urutan menu yang perlu diakses dalam rangka
untuk mengubah pengaturan tertentu agar lebih mudah menjalankannya pada saat
kita mengemudi.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar