Kamis, 09 Januari 2014

CONTOH I/O INTERFACE

PENGERTIAN I/O INTERFACE 
 I/O interface adalah peralatan yang dimana informasi dapat masuk  dan keluar dari perangkat seperti computer. Dalam komputasi input output adalah komunikasi antara system pengolahan informasi dan dunia luar. Input adalah sinyal atau data yang diterima oleh system dan output adalah sinyal atau data yang dikirim dari itu. Contoh alat input yaitu keyboard , mouse , scanner, joystick , camera digital, bar code reader, webcam . dan contoh dari alat output adalah monitor, printer,  proyektor, dan speaker.

Contoh alat  input yaitu :

•     KEYBOARD
Keyboard adalah perangkat mesin ketik yang menggunakan susunan tombol atau kunci, yang bertindak sebagai tuas mekanis atau saklar elektronik. Keyboard computer pertama kali dibuat pada tahun 1868, yang pada dasarnya desain keyboard dibuat seperti mesin ketik. Jenis jenis keyboard dapat digolongkan menjadi 4 yaitu : serial, ps/2, USB dan wireless.

•    MOUSE
Pengertian dari mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer baik melalui kabel maupun wireless. kabel yang menghubungkan mouse dengan komputer bentuknya mirip dengan ekor tikus. Walaupun saat ini keberadaan mouse sudah banyak tergantikan dengan perangkat touchpad dimana semua fungsi dari mouse bisa dilakukan dengan menggunakan touchpad ini, namun masih lebih banyak user yang lebih memilih menggunakan mouse  daripada touchpad.terdapat beberapa macam fungsi mouse, antara lain pengeontrol persebaran tampilan objek, memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet, mengaktifkan command button, sebagai penggerak pointer.

•    BAR CODE READER
Bar code reader adalah sebuah alat elektronik barcode cetak. Seperti flatbet scaner , terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya menerjemahkan implus ke optik yang mengandung listrik. Selain itu hampir semua barcode berisi sirkuit decoder menganalisis barcode data yang diberikan oleh sensor dan mengirim konten bercode untuk output port scaner.

•    DIGITAL CAMERA
Kamera digital adalah kamra yang mengambil video atau foto foto dengan merekam gambar pada sensor elektronik.kamera digital biasanyamenggunakan lensa dengan diafragma variabel untuk memfokuskan cahaya ke sebuah perangkat gambar.
Kamera digital dapat menampilkan gambar pada layar segera setelah direkam, an menyimpan dan menghapus gambar dari memory.dalam beberapa kamera memerlukan driver dan tambahan software. Resolusi kamera digital dibatasi oleh sensor gambar yang mengubah cahaya menjadi sinyal diskrit, hitungan pixel pada kamera ini umumnya dianggap menunjukan resolusi kamera.

•    WEB CAMERA
Webcam adalah kamera video yang mengambil gambar secara real time ke komputer atau jaringan komputer melalui usb dan WIFI. Penggunaan yang paling populer adalah pembentukan link video, memungkinkan komputer bertindak sebagai videophone . penggunaan umum untuk webcam adalah untuk world wide web. Penggunaan populer lainya adalah untuk pengawasan keamanan,  visi komputer dan penyiaran video. Webcam dikenal karna biaya produksi yang redah dan fleksibilitas. Penggunaan webcam dapat diintegrasikan dalam laptop.

•    DIGITAL VIDEO CAMERA
Adalah kamera yang digunakan untuk akuisisi film elektronik, awalnya dikembangkan oleh industri televisi , namun sekarang umum dalam aplikasi lain juga.kamera video terutama digunakan dalam 2 mode. Yang pertama karakteristik penyiaran awal banyak , adalah siaran langsung . dalam mode ke 2 gambar direkam ke perangkat penyimpanan untuk pengarsipan atau diproses lebih lanjut.rekaman video digunakan di televisi dan produksi film .

•    FIREWIRE
Mulai dikembangkan pada akhir tahun 1980-an oleh apple sebagai firewire, merupakan standard bus interface untuk komunikasi kecepatan tinggi .firewire sebanding dengan USB, meskipun USB memiliki pangsa pasar yang lebih tinggi.firewire adalah serial bus yang berarti bahwa informasi yang ditransfer satu bit pada suatu waktu. Bus pararel memanfaatkan jumlah koneksi fisik yang berbeda dan dengan demikian biasanya jauh kurang efisien , lebih mahal, dan biasanya lebih berat.firewire dapat menghubungkan hingga 63 perangkat . hal ini memungknkan peer to peer perangkat komunikasi, seperti komunikasi antara scaner dan printer berlangsung tanpa menggunakan memori sistem dan CPU.

•    PARAREL PORT
Jenis interface yang ditemukan pada kompuer untuk menghubungkan peripheral. Dalam komputasi sebuah port pararel adalah komunikasi pararel antarmuka fisik. Hal ini dikenal sebagai port printer. IEEE 1284 standar mendefinisikan versi bi-directorial ,yang memungkinkan transmisi dan penerimaan bit pada waktu yang sama.

•    NIC
Adalah perangkat keras komponen komputer yang menghubungkan komputer ke jaringan komputer. Pengendali jaringan awal interface biasa diterapakan pada kartu ekspansi yang terhubung ke bus komputer. Pengontrol jaringan mengimplementasikan sirkuit elektronik yang dibutuhkan untuk berkomunikasi lapisan fisik tertentu dan lapisan seprti ethernet , wifi atau token ring. Hal ini menyediakan dasar untuk stack protokol jaringan penuh, dan memungkinkan komnikasi antara kelompok-kelompok kecil dari komputer di LAN yang sama.contoh dari NIC adalah RJ 45 yang memiliki 8 pin.

•    MODEM PORT
Modem port digunakan oleh komputer dengan modem internal untuk menyambug ke internet melalui saluran telepon biasa . ini digunakan untuk dial-up akses internet , yang melakukan cara paling lama untuk online.port modem memiliki 20 sisi. Hal ini biasanya terletak di sisi komputer jika komputer memiliki modem internal. Contoh modem port : RJ-11 yang memiliki 4 pin.

•    PORT UNTUK KEYBOARD DAN MOUSE
Port untuk keyboard dan mouse ada komputer memiliki warna standard. Untukkeyboard berwarna ungu dan memiliki 6 pin mini-din. Untuk mouse memiliki port berwarna hijau dan juga memiliki 6 pin mini-din.





Contoh alat Output yaitu :
•    Monitor (screen)
Fungsi alat keluaran yang memberikan dan menampilkan informasi atau data atau instruksi yang dihasilkan atau sedang dilakukan oleh komputer.


•    Printer :
Funsi :alat keluaran yang dapat mencetak teks atau gambar hasil pengolahan komputer ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
 

•    Plotter
Fungsi merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.


•    Speaker (Speakers)
Fungsi Speaker adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara.


•    Proyektor ( Projector )
Fungsi alat keluaran yang fungsinya sama seperti monitor, biasa digunakan untuk presentasi karna gambar yang dikeluarkan dipancarkan melalui cahaya yang langsung bisa dipancarkan ke dinding sehingga bisa diatur skalanya.

•    Hedaset (Headphones)
Fungsi tak berbeda dengan speaker yaitu sebagai alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara, akan tetapi hanya bias didengar oleh pemakai saja.

3 komentar: